Pengertian Shalat Istikharah, Tata Cara, Niat Dan Do’a Lengkap


Shalat istikharah adalah shalat sunnah dua rakaat untuk memohon kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya.
Secara manusiawi kita senantiasa pasti dihadapkan pada berbagai pilihan. Adakalanya ketika kita harus memilih pilihan yang sifatnya mendesak dan penting atau pilihan-pilihan yang sifatnya sederhana, yang pasti berbagai pilihan itu pasti ada dan mengiringi kehidupan kita.

Oleh karena itu hendaklah menyerahkan kepada Yang Maha kuasa untuk memilih nya. Sebelum seseorang mengambil keputusan ia dianjurkan untuk shalat istikharoh 2 rakaat. Dengan mengharap agar ditunjukkan Allah untuk mendapat pilihan yang terbaik.
Jika keraguan masih mempengaruhi pikiran untuk menentukan pilihan, ulangi lah dan membaca doanya, walaupun pengulangan nya sampai 7 kali berturut-turut. selepas itu, bertawakal kepada Allah, pilihlah salah satu daripada nya. Pilih yang mana hati mengarah setelah berdoa. Jangan ragu, yakin bahwa itu adalah pilihan terbaik dari Yang Maha Kuasa.

Jangan merasa kecewa jika keputusan yang dipilih tidak disukai. Ingatlah bahwa ini adalah yang telah digariskan pada zaman azali yang tidak dapat dielakkan, besar kemungkinan mengandung hikmah, membawa kebaikan dimasa yang akan datang, dan senantiasa huznudzan kepada Allah.

Tata Cara Shalat Istikharah

Berikut ini tata cara shalat istikharah:
· Niat
· Takbirotul ihrom, diikuti dengan doa iftitah
· Membaca surat Al-Fatihah
· Membaca surat Al-Kafirun
· Ruku’ dengan tuma’ninah
· I’tidal dengan tuma’ninah
· Sujud dengan tuma’ninah
· Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
· Sujud kedua dengan tuma’ninah
· Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
· Membaca surat Al-Fatihah
· Membaca surat Al-Ikhlas
· Ruku’ dengan tuma’ninah
· I’tidal dengan tuma’ninah
· Sujud dengan tuma’ninah
· Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
· Sujud kedua dengan tuma’ninah
· Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
· Salam

Lalu membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah. syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, bahwa di sunnahkan sebelum membaca doa tersebut membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

Niat Sholat Istikharah


أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatal istikhoroti rok’ataini lillahi ta’aalaa)
“Aku niat shalat sunnah istikharah dua rekaat karena Allah Ta’ala”


Doa Shalat Istikharah

Adapun doa istikharah InsyAllah mustajabah silahkan dimak di bawah ini !
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan ku kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu ( untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupan ku, dan akibatnya baik bagi ku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupan ku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan berikanlah takdir yang baik untukku dimanapun aku berada, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya”.

Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut diatas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu.
sesudah berdoa mintalah apa-apa yang baik untuk dilaksanakan menurut cita-cita dan maksud kita itu. Apa yang mendatang yang kuat dalam hati dan mantap hati kita itulah yang kita laksanakan dan yang baik kita perbuat.

Waktu Shalat Istikharah

Shalat istikhoroh tidak memiliki waktu batasan tertentu, dalam arti shalat istikhoroh dapat dilakukan kapanpun jika pelaksanaan shalat istikharoh sudah dihadapkan dengan urusan yang sudah mendesak. Meski demikian ada anjuran untuk melalaksanakannya yaitu diwaktu sepertiga malam.
Bersamaan dengan pelaksanaan qiyamullail shalat tahajud. Karena disaat waktu itulah waktu yang mustajabah untuk meminta kepada Allah. Termasuk memohon petunjuk. Selain ada penganjuran waktu yang baik, ada juga waktu yang tidak boleh dilaksanakannya sholat istikhoroh yaitu waktu-waktu yang di larangnya shalat sunnah.

Demikian penjelasan tentang pengertian, tata cara, niat sholat Istikharah Dan semoga semua kebimbangan kamu terjawab dengan shalat istikharah ya. aminn

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Shalat Istikharah, Tata Cara, Niat Dan Do’a Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel