Pengertian dan Cara Kerja VPN

Bertemu lagi dengan blog Sharingilmu, disini saya akan menjelaskan tentang pengertian VPN dan cara kerjanya, nah langsung saja kita bahas dibawah ini.

VPN adalah sebuah koneksi virtual yang bersifat private. Mengapa disebut demikian, karena pada dasarnya jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN menghubungkan PC dengan jaringa public atau internet, namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknologi agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lainuntuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

 

Pada dasarnya VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung anatr PC. Jika digambarkan kira-kira seperti berikut.

Internet > VPN Server > VPN Client > Client

Apabila digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara private dengan jaringan internet, maka ilustrasinya seperti berikut ini.

Komputer A > Vpn Client > Internet > VPN Server >VPN Client > Komputer B

Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server, sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.

Merupakan sebuah implementasi VPN open source yang menggunakan enkripsi SSL. Implemnetasi klien OpenVPN tersedia untuk banyak sistem operasi, termasuk Linux, Windows 2000/XP, atau yang lebih tinggi, OpenBSD, FreeBSD, NetBSD, MacOS X, dan Solaris. Pada sebuah VPN, dia akan mengenkapsulasi semua trafik (termasuk protokol DNS dan protokol-protokol lain) di tunnel yang terenkripsi, jadi bukan hanya satu port TCP saja. Kebanyakan orang merasa hal itu sangat memudahkan untuk dimengerti dan diatur daripada IPSEC.

 

Demikian tadi penjelasan singkat tentang pengertian dan cara kerja VPN, semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Cara Kerja VPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel