Pengertian Shalat Hajat, Tata Cara, Niat Serta Doa

Shalat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang di lakukan oleh orang islam dengan tujuan atau mempunyai hajat tertentu agar bisa di kabulkan oleh Allah, tujuan tersebut kadang kala berhubungan dengan Allah SWT atau juga dengan sesama manusia atau bahkan dengan yang lainnya seperti contoh sholat hajat jodoh.

Shalat hajat sering kali dilakukan paling sedikit 2 rakaat satu salam, untuk lebih afdolnya lagi shalat hajat dilakukan dengan 12 rakaat dan setiap 2 rakaat 1 salam, waktu sholat hajat yang baik bisa dilakukan kapan saja karena semua waktu itu baik namun ada pengecualian, disini ada beberapa waktu yang dilarang untuk shalat sunnah khususnya shalat hajat yaitu :
· Matahari terbit hingga ia naik setinggi lembing
· Matahari tepat dipuncaknya (zenith), hingga ia mulai condong
· Sesudah ashar sampai matahari terbenam
· Sesudah subuh
· Ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya

Dengan adanya shalat hajat ini kita bisa meminta apa saja yang kita inginkan selama permintaan kita tersebut masih dalam hal kewajaran, sehingga kita berharap dengan shalat hajat ini semua hajat yang kita miliki mengharapkan Allah SWT mengabulkannya, sebagai seorang muslim kita sudah di berikan petunjuk agar melaksanakan apa yang sudah tertulis di dalam Al-Qur’an, sehubungan dengan shalat hajat ini Allah SWT telah berfirman yang artinya.
“Dan meminta pertolonganlah (kepada Allah) dengan sabar dan shalat” (QS Al Baqoroh :45)

Dilihat dari potongan ayat tersebut Allah SWT telah memberikan petunjuk kepada kita jika kita mempunyai kesulitan apapun bentuknya dari segi hati dari segi kehidupan dan lain sebagainya maka shalat hajatlah agar semua perkara yang kamu miliki bisa teratasi.

Niat Sholat Hajat
Niat shalat ini sama dengan shalat sunnah yang lainnya yaitu di ucapkan dalam hati dan niat tersebut semata-mata hanya karena Allah dengan kerendahan hati serta mengharapkan Ridho dariNYA, jika kalian ingin melafalkannya maka jangan terlalu keras agar tidak mengganggu muslim lainnya (jika di masjid), Niat sholat sunnah hajat dilakukan dalam hati dengan membarengi mengangkat tangan saat takbiratul ikhram, lafadznya sebagi berikut
أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى
Artimya : Aku berniat salat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa shalat sunnah hajat ini ada yang 2 rakaat satu salam dan ada yang 12 rakaat berikut ringkasannya :

Tata Cara Sholat Hajat Yang Pertama
Jika kita ingin melakukan shalat hajat dengan 2 rakaat dan satu salam maka cara ini merujuk kepada hadist nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Abdillah bin Abi Aufa yaitu : “Barang siapa yang mempunyai hajat kepada Allah atau berhajat kepada salah satu dari Bani Adam maka hendaklah :
1. Berwudhu dan menyempurnakan wudhunya tersebut.
2. Melakukan shalatlah dua rakaat ( shalat hajat )
3. Setelah melakukan shalat hajat kemudian memuji Allah
4. Kemudian membaca shalawat kepada Rasulullah SAW
5. Yang terakhir membaca doa shalat hajat

Berikut Do’a Sholat Hajat 2 Rakaat 1 Salam
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya : Segala Puji bagi Allah tuhan semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.

Tata Cara Sholat Hajat Yang Kedua
Bila dirasa hajat yang kalian inginkan sangat banyak dan sangat penting sekali serta mendadak maka silahkan melakukan shalat hajat 12 rakaat dan salah disetiap 2 rakaatnya, untuk caranya sama dengan yang pertama namun ada perbedaan yang perlu kamu ketahui agar shalat yang kamu lakukan lebih sempurna silahkan simak di bawah ini.
1. Rakaat pertama sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca Ayat Kursi
2. Rakaat kedua sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca Surah Al-Ikhlas.
3. Jika rangkaian 12 rakaat shalat hajat selesai, lalu sujud dan membaca doa shalat hajat yang kedua

Berikut Do’a Sholat Hajat 12 Rakaat
سبحان الذى لبس العز وقال به سبحان الذى تعطف بالمجد وتكرم به سبحان الذى احصى كل شىئ بعلمه سبحان الذى لا ينبغى التسبيح الاله سبحان ذى العذ والكرم سبحان ذى الطول اسئلك بمعاقد العذ من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الأعظم ووجهك الأعلى وكلماتك التامات التى لايجاوزهن بر ولا فاجر ان تصلى على محمد وعلى ال محمد

Artinya : Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya : Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia karena sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu karena ilmu-Nya, Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang memiliki anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang memiliki kekuatan.

Kesimpulan
Sudah banyak orang telah membuktikan bahwa keajaiban shalat hajat ini sangat luar biasa, dengan melakukan tata cara sholat hajat yang mustajab di atas kalian akan mengetahui betapa besarnya kekuasaan Allah SWT, satu lagi yang admin ingin sampaikan bahwa keutamaan shalat hajat 40 hari sangat di anjurkan.

Demikian tadi penjelasan tentang Pengertian Shalat Hajat, Tata Cara, Niat Serta Doa nya. Semoga bermanfaat bagi semua. aminn

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Shalat Hajat, Tata Cara, Niat Serta Doa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel